Pengalaman Interview dan di Tolak berkali-kali di Perusahaan yang sama! | | Curhatan anak magang #3

------------------------------------------------------------------------------------
Well, kali ini aku mau post tentang pengalaman Interview-Interview aku, kenapa nulis interviewnya 2 kali? Karna pengalamannya bukan cuma sekali, dan kalau ketik Interview nya 10 kali kebanyakan. Hahaha. Receh.. Ok, skip! Jadi, aku mau share mengenai pengalaman aku ngelamar Magang-PartTime. Rasanya pertama Interview, kecerobohan-kecerobohan yang berulang-ulang, sampai keajaiban yang Allah kasih sama aku dibalik kepanikan karna belum pernah Interview..
-----------------------------------------------------------------
  • Di tolak 2 kali sama GoGirl! Magazine


Pertama aku di Interview itu waktu aku mau coba magang di majalah GoGirl! Ini atas kemauan aku sendiri dan bukan karna disuruh pihak kampus, dll. Kenapa aku memilih perusahaan atau redaksi tersebut sedangkan yang lain ada?  Kenapa enggak yang lain kayak Kawanku, dll. Entah, aku langsung suka aja sama GoGirl! karna awalnya aku emang suka beli majalahnya dan rubrik nya aku liat keren dan girly banget! That's why, aku pengen banget magang dan bahkan kerja disitu..
Aku mulai follow officiall Instagram nya dan dapat info kalau GG (aku singkat ya) lagi butuh anak magang, yang salah satunya adalah "Beauty Writer" aaaa passion aku banget! Cuslah aku langsung bikin CV Creative dan kirim email ke redaksi GG. Beberapa hari kemudian aku di email untuk langsung datang ke kantornya yang ada di Kebayoran Lama, kalian bisa search kalau kalian juga punya passion untuk magang atau kerja disitu. Yang pertama ini aku langsung minta anter Papah aku. Bawa CV dan foto 2x3. Masuklah aku ke dalam kantor GG dan taruh berkas di Resepsionis dan tulis data kehadiran disitu. Lalu dipanggilah kita semua (calon anak magang yang berjumlah sekitar 5 orang atau lebih) ke dalam satu ruangan. Ngobrol-ngobrol cantik sebentar sama penanggung jawab disitu yang sepertinya sih HRD, entahlah lupa. Kenalan sama beberapa orang, sok kenal HEHE. Abis itu disuruh isi Pshyco Test. Banyak pokoknya soal yang harus diisi, hahaha. Hari berlalu menjadi Minggu... Tapi tidak kunjung dihubungi. Akhirnya diriku tersadar kalau aku memang gak diterima disitu :') Sediiiihhhh... 

Gak putus semangat! Tahun selanjutnya aku coba ngelamar magang lagi disitu, dengan job yang sama. Dengan tahap yang sama, bedanya yang kedua kali ini aku telat buka email! Di jam 8 pagi aku baru buka email yang berisi Invited dari HRD, sedangkan jam 9 mulai Interview. OH MY GOD! Panik lah.. Langsung cek CV yang udah standby dan foto yang dipindahin ke Flashdisk, dan cari temen buat minta anterin kesana, kontek sana-sini tapi gak ada yang bisa, eh akhirnya ada 1 orang yang bisa anterin (terimakasih banyak yaa, kalau-kalau orangnya baca), karna buru-buru sampe ini orang gak mandi HAHAHA yang penting kan ikhlas yaaa.. Otw lah kita ke kantor GG dengan terburu-buru, aku belum print CV dan Foto! Cerobohnya akuuuu... Cari tempat print berkas, padahal waktu menunjukkan pukul 9an. Singkat cerita, aku dan temenku sampai di kantor GG pada pukul 10 :') Dengan muka tembok masuk ke dalam dan langsung tanya satpam "Pak, ini saya masih bisa Interview?" akhirnya Pak Satpam ke dalam, dan keluar lagi terus suruh aku nunggu. Tik,tok,tik,tok... Beberapa saat akhirnya aku dipanggil untuk Interview SENDIRI ke dalam satu ruangan. Ini PERTAMA KALI Interview dan gugup banget, udah googling dan tanya-tanya tante gimana step nya di Interview, tapi tetep aja karna pertama kali gugupnya setengah mati!

Pertanyaan yang dilontarkan Mbak HRD yaitu: "Kenapa kamu mau magang disini?" "Kamu tahu tentang apa yang kamu apply? Kerjaannya udah tau?" "Coba sebutkan 3 kelebihan dan 3 kekurangan yang kamu punya!?" plus tips Interview dari doi: "Karna kamu baru pertama kali Interview, aku mau kasih tau aja kalau Interview itu jangan taruh tangan kamu di atas meja apa lagi di dagu.Karna itu kasih kesan malas..." JLEBBB.... Makin degdegan dan langsung turunin tangan karna pada saat itu emang lagi taruh tangan bawah dagu. Bodohnyaaaaa dirikuuu~ Huhu..

Kalau yang kedua ini sudah pasti TIDAK DITERIMA atau DITOLAK. Kesalahan fatalnya adalah datang Telat, kedua tidak Percaya Diri saat Interview, ketiga Taruh Tangan di Atas Meja :') yang lainnya mungkin tidak menjawab pertanyaan dengan baik dan menjawab Psycho Test nya tidak memenuhi kriteria kali yaa...

Tapii... Aku masih sangat penasaran untuk berkontribusi di GoGirl! Magz .. Masih mau coba lamar disitu, siapa tau keterima! Amin!!

Sedikit tips dari aku yang sudah belajar dari kesalahan-kesalahan masa lalu, tsaaahh, cekidot:
  1. On Time! Datang Tepat Waktu itu WAJIB hukumnya bagi kamu sang pencari Magang, baru mau magang aja gak On Time, gimana mau di Hire jadi karyawan tetap, ya gak?
  2. Berpakaian Rapi dan Sopan, tetgantung perusahaan mana yang kamu tuju. Kalau aku kemarin karna di redaksi, jadi aku berpakaian yang Semi-Formal.
  3. Cari tahu tentang Perusahaan dan Pekerjaan yang kamu apply, jangan sampai kamu gak tau apapun yaa..
  4. Berlatih! Gak ada salahnya minta bantuan teman atau saudara untuk mewawancarai kamu layaknya sedang ingin melamar kerja, agar kamu terlatih dan gak terlalu gugup pas wawancara atau Interview.
  5. Berdo'a dan Minta Restu Orang Tua! Wajib, Kudu, Mesti! Percuma kamu tampil Rapi, On Time, Wangi, Menguasai Materi, tapi gak minta restu Orang Tua dan Tuhan.. Do'a orang tua dan Restu Tuhan ampuh looooh :)
***
  • Interview by Phone sama Night Bus Film!

Waktu itu kalau gak salah semester 5 atau 6 deh. Dapet info magang di suatu Production House bernama Night Bus Film. Dimana PH ini masih newbie, di bawah naungan artis ganteng Darius Sinatria. Mereka ingin merekrut anak magang, karna mereka akan membuat film layar lebar baru berjudul Night Bus, sama seperti nama PH nya yaa..Aku dan temen-temen yang berjumlah 7 orang yang tergabung dalam geng-gengan (Wkwkwkwk) bernama Monkids Production ini langsung apply CV ke PH tersebut. Lalu, mengisi form yang diberikan oleh pihak Night Bus via email. Pokoknya panjang isi formnya, yang tentunya data diri dan pengalaman serta lagi-lagi alasan kenapa mau untuk gabung bersama Night Bus Film. Beberapa hari kemudian ditelpon lah kami, beberapa ada yang gak standby hp, jadinya gagal tahap Interview by Phone, ada juga yang sms balik nomor tersebut dan akhirnya ditelpon lagi oleh pihak PH.

Lagi-lagi, bodohnya dirikuuu~
Aku gak pelajari materi, aku gugup, dan ngomongnya mungkin kedengeran kayak orang bingung. Pertanyaan-pertanyaan seputar PH dan lainnya gak lancar aku jawab. Mulai latar belakang PH, sampai alasan aku kenapa mau jadi anak magang dan berkontribusi dalam kegiatan tersebut yang terdengar tidak meyakinkan penelpon.. Aku dan teman-teman yang lolos ke tahap interview itu gagal lolos jadi anak magang, kami di email langsung oleh PH (kirain lolos) bahwa kami tidak diterima :( Hmmmm, nyesel! Yap, nyesel.. Karna kehilangan dapat pengalaman seru jadi crew film, belajar gimana caranya kerja dalam tim, dan keliling beberapa tempat di Indonesia. Film tersebut latar belakangnya merupakan tempat-tempat yang ada di Indonesia, jadi kebayang dong gimana serunya? Dibalik semua konsekuensi yang harus diterima, kayak capek, muka lepek, jauh dari keluarga, dan lain-lain akan terbayar dengan pengalaman berharga yang keren dan ILMU yang tentunya akan sangat amat bermanfaat dikemudian hari :')
Tips Interview by Phone ala orang sotoy :

  1. Angkat Telpon dengan sopan dan ucapkan salam, seperti "Hallo.. Selamat Pagi" atau "Assalamu'alaikum, dengan siapa?" Biar terkesan profesional gitu. Hehe.. Walaupun kamu gak tau itu nomor siapa, tapi untuk jaga-jaga karna kamu abis ngelamar magang kamu bisa selalu angkat telpon dari nomor yang gak kamu kenal dengan sapaan seperti itu. Selanjutnya kalau emang nomor itu merupakan orang yang salah sambung atau tipu-tipu, kamu bisa langsung menutup telponnya yaa.. Tapi jangan lupa untuk meyakinkan dengan siapa kamu bicara.
  2. Jangan gugup, persiapkan mental kamu, pokoknya setelah kamu lamar magang atau kerja kamu harus banget untuk siapin materi.. Mulai dari latar belakang perusahaan, sampai gimana sih caranya jawab pertanyaan perekrut?
  3. Gunakan bahasa sopan, gak begitu formal gak apa-apa, yang penting kamu menganggap perekrut layaknya teman ngobrol biasa.
  4. Banyak-banyak belajar ngomong! Yang satu ini penting banget. Walaupun kamu udah belajar dari kecil, tapi tetep kebanyakan orang gak bisa yang namanya ngomong dengan orang baru atau ke depan orang banyak (kayak aku.. hehe) Apa lagi ngomong sama calon bos, ya gak?
  5. Berdo'a, selalu minta restu Orang Tua
***
  • Magang di iNews TV karena passion dan tuntutan WAJIB kampus tercinta
Jadi Mahasiswa emang gak semudah FTV shay. Berkali-kali kirim CV dan Surat Permohonan Magang, dan berkali-kali ditolak secara halus udah jadi makanan pokok pada saat itu. Setelah kirim di Jawa Pos dan NET (tidak ada panggilan dalam waktu yang lama) lalu ingin coba kirim ke stasiun-stasiun atau media lain, eh Alhamdulillah keajaiban Tuhan datang... Hahaha. Tiba-tiba ada panggilan magang dari HRD iNews TV, OMG....... cek selanjutnya di Pengalaman Magang di iNews TV ini yaaaa!! Karna disitu udah lengkap banget hehehe dan salah satu postingan yang banyak penggemarnya, wkwkwk kepedean. Yaudah pokoknya klik aja ya! InshaaAllah bermanfaat.
***
  • Cari Part Time apapun, sampe ditipu
Kelakuan Mahasiswi yang gak mau diem ini emang gak ada abisnya. Setelah berkali-kali ditolak :') Akhirnya coba cari sampingan lain. Googling, cek ig, dll. Sampailah mataku tertuju pada beberapa website yang memang khusus bagi para freelancer atau part timer, yaitu Sribulancer.com . Disitu banyak pekerjaan yang kalian bisa kerjakan dimana aja, di Rumah, tempat Hangout, Kampus, dan tempat yang kalian pengenin lainnya. Pekerjaan via online ini asik sih menurut aku, dan saat ini pun Alhamdulillah aku udah dapet 2 job berkat Sribulancer, terimakasih Sribulancer :') Sebagai content writer di Sariwaran.com dan Pipiput.com.. Boleh dibuka dan dibaca karyaku,hehehe. Sebenarnya aku udah dapet 3 job, cuma yang satunya gak aku hitung, karna aku pikir itu seperti penipuan. Aku jadi Data Entry di salah satu web gitu, aku gak mau sebut web nya karna aku gak mau cari masalah juga, anggep aja itu seperti pengalaman yang akan menjadi pelajaran di kemudian hari.Setelah direkrut aku selalu jawab pertanyaan di Thread forum tersebut, dengan syarat gak boleh lebih dari 2 komentar di thread itu, jadi ya kalo udah ada 2 komentar aku gak bisa jawab dong. Makin kesini gak ada pertanyaan lagi di web itu, aku tanya perekrutnya, dia cuma suruh jawab pertanyaan lain, ya intinya gitu aku ngerasa ditipu aja.. sampe sekarang perekrut itu juga ga ngechat aku lagi. So, guys hati-hati ya, walaupun kamu kepepet kamu juga harus bener-bener lihat apa itu job trusted atau engga. Make sure terus, jadi keringat kerja keras kamu gak sia-sia, ya walaupun bayarannya gak seberapa, tapi kan itu karya kamu, keringat kamu. Ya kan??? ;) Jangan sampe ceroboh kayak aku... hiks.

Aku juga sempet jaga Booth gitu, kebetulan aku punya online shop di instagram namanya tgfg.id (di follow ya, murah-murah kok). Dari situ aku dapet kenalan banyak, dan dari situ juga aku dapet job jaga booth lain, dan aku juga dapet tawaran baazar, sampe diajak sharing booth. Pokoknya asik banget semua pengalaman itu. Hahaha, dari booth sepi sampe sama sekali gak ada pembeli juga pernah aku rasain. hiks... Yaa pokoknya gitu, pengalaman yang belum tentu orang lain bisa rasain :')

***
Oh iya guys, aku punya beberapa rekomendasi forum atau akun bagi kalian si pencari magang/freelance/part time. Walaupun aku udah sebutin beberapa di atas, tapi kalian pasti butuh detail atau link nya kan..?
  1. Sribulancer
  2. LinkedIn
  3. Jobstreet Indonesia
  4. StudentJob Indonesia
  5. Instagram @Magang_id
Yang aku sebutin di atas merupakan forum-forum yang aku tau, dan sering cari kerjaan disitu juga. Cuma buat jaga booth, kalian bisa searching aja di google dengan keyword 'jaga booth' atau lain-lain yang kalian inginkan. Kadang bukalapak atau olx juga suka ada yang post kerjaan sih, kalian bisa cek disitu.

Segitu aja info dari aku, semoga bermanfaat yaa.. Good Luck Fighter! ;D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAJAK or HACKED or HCKD or...

Demi Lovato's Style

Magang di iNews TV | Curhatan anak magang #1