Magang di iNews TV | Curhatan anak magang #1



HAI.. HAII.. HAIII..
Apa kabar? Baik kan pastinya? Alah sok asik ya gue hahaha. Gak usah banyak basa-basi,di post-an kali ini gue mau berbagi pengalaman magang di dunia Broadcasting..

Awal cerita.. -SEMESTER 4-
Gue udah mulai tanya-tanya senior gimana caranya biar bisa dapet magangan, tapi baru tanya dan gak gerak hahaha namanya juga mahasiswi. Tapi gue udah coba taro lamaran magang di Majalah Gogirl! (salah satu majalah kesukaan gue, dan menarik minat gue untuk bergabung), tapi gak lolos untuk yang kedua kalinya, ya Allah sedih yak.. hiks :') Gue sama anak monyet (re:monkids), dan teman-teman lainnya mulai bikin-bikin surat pengantar dari kampus untuk diajukan ke perusahaan tempat magang. Tapi ini yang gue takutin, karna sama-sama mageran, gak ada yang gerak dan gak ada yang hap-hap-hap (re: gerak cepet), akhirnya gak jadi-jadi untuk anter surat ke instansi tempat yang mau diajuin untuk magang. Waktu itu kalo gak salah gue bikin ke TVRI, NET, sama apa gitu lupa. Yaudah akhirnya di satu senester yang GENAP dan mengharuskan gue untuk gak ke kampus selama kurang lebih 3 bulan itu, gue habisin di rumah, dan untungnya gue punya kampung, jadinya gue luangin waktu untuk ke kampung halaman tercinta :D Yeaaayyyy!

-SEMESTER 5-
Mulai panik karna target,gue harus magang di semester tersebut.. biar ga wasting time dan cepet kelar nyusun laporan kkp nya (re: kuliah kerja praktek). Karna di kampus tempat gue belajar menjadi orang (halah apasih-_-), di Universitas Budi Luhur itu ada 1 matkul yang mengharuskan gue untuk mempunyai pemgalaman kerja di bidang Broadcast. Di bagan mata kuliah per-semester juga mengharuskan di semester 6 untuk mengambil matkul kkp, sehingga memaksa gue untuk panik dan harus dapetin magang di semester 5 tersebut! WKWK. Bisa sih di semester berikutnya, cuma otomatis matkul selanjutnya harus diundur, dan otomatis kelulusan juga akan mundur huhu-___-.

-akhirnya-

Setelah kirim-kirim surat magang ke beberapa instansi, waktu itu gue baru kirim ke NET. , Jawapos TV , dan iNews TV. Tadinya udah berharap banget di NET, karna gak bisa bayangin betapa bangganya bisa magang disitu, yaa walaupun dimana aja juga bangga sii, yaa namanya juga mahasiswi norak.. dan siapa sih yang gak mau jadi bagian dari NET? Yegak? hahaha. Terus ke Jawapos udah kepedean banget bakal diterima, karna langsung dipanggil dan ditanyain mau magang kapan, tapi mbak-mbaknya (gue panggil mbak soalnya gak sempet tanya dia bagian apa disitu) dia bilang kalo masih ada anak magang, kalo mau yaa maret-april. Sedangkan di bulan itu kan gue udah masuk kuliah ya.. hmm. Akhirnya doi bilang "yaudah nanti dikabarin lagi yaa februari kapannya.."
Detik berganti menit, menit berganti jam, dan jam berganti hari, haripun berganti minggu.. Tapi gak kunjung dipanggil :(
Lalu seminggu kemudian, AKHIRNYA...gue dan 1 temen gue dipanggil untuk dateng ke iNews TV lt.11 di MNC TOWER. Yeaayyy!!!
Dengan berbekal pengetahuan seadanya, gue dateng dengan muka polos dan baju kemeja putih (ya emang abis uas sih).Gue kira bakal di interview macem-macem, udah panik kan googling-googling hal yang menyangkut tempat magang deh pokoknya.
-singkat cerita- masuklah gue di bagian kreatif di salah satu program. Orangnya asik-asik banget. Kurang lebih selama 2 bulan gue magang disitu (tapi banyak bolosnya, gegara bentrok sama jadwal uas juga). Lelah otwnya doang, salah di gedungnya yang terletak di di Jakarta Pusat, atau rumah gue yang berada di Pamulang ? :( Ngafalin jalan aja butuh waktu 2 minggu lebih (emang dasar oon sih wkwk)
Pengalaman magang menjadi tim kreatif disitu asik banget, yaa walaupun banyak gabutnya. Karna mungkin beliau adalah tv baru juga hehe. Tapi asik,orang-orangnya nice banget. Untungnya.. masuk di tim kreatif dan basicnya gue suka nulis..kebetulan jadi scriptwriter, yey suka banget. Nambah wawasan, dan excited banget karna bisa tahu sesuatu yang belum tahu. Pokoknya gak nyesel lah~


 ruang editor
 sama ka Dhea dan ka Vicky (dari program yang beda padahal)

 sama mas Erphan
 sama ka Kuma

Komentar

  1. Hai kak, cara magang di iNews gimana ya? Tinggal kirim CV atau harus konfirmasi dulu ke HRDnya?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Waktu itu sih aku langsung taro CV di mnc tower lt.11 . Tapi skrng kayaknya di lt.23 deh. Tapi coba yang 11 dulu aja yaa.. sorry ya baru liat

      Hapus
  2. Hai kak.Mau tanya. Kira kira waktu pemanggilan nya brp lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Atika. Sorry aku lagi jarang cek blog. Karna waktu itu iNews emang lagi butuh anak magang, jadi ga sampe seminggu aku dipanggil untuk dateng ke mnc tower di kebon sirih.

      Hapus
  3. halooo kak, mau nanya dong
    ngirim nya kalau pake email aja ga bisa ya?
    syaratnya apa aja buat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Kamu langsung ke MNC Tower aja ya say. Kalo email aku gak tau boleh/gaknya. Tapi lebih baik langsung datang aja :) kamu langsung taruh CV dan surat permohonan magang dari kampus ya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAJAK or HACKED or HCKD or...

Demi Lovato's Style