Magang lagi????? | Curhatan anak magang #4

Hah? Magang??! Kok magang lagi?
Bukannya udah lulus?
Kenapa cuma magang?
Kenapa gak coba jadi karyawan tetap?
Magang terus siiih??????
WHY?
WHYY?
WHYYY?
??????????????????

***

Hahaha
Pasti banyak pertanyaan seperti itu, orang lain, dan yang terutama orangtua.. Setelah anaknya lulus pasti semua orangtua menginginkan anaknya langsung mendapatkan pekerjaan yang baik. Tapi sebagian teman-teman yang sebaya/lulus bareng pasti ngerti. Magang bisa jadi pelajaran dan pengalaman berharga loh buat fresh graduate, jangan mentang-mentang udah sarjana, lalu gak mau untuk jadi anak magang karena takut jadi anak bawang lagi, atau takut dengan omongan orang-orang yang berkomentar ini-itu. Magang bisa jadi "batu loncatan" yang baik kalo menurutku.Setelah masa magang selesai, entah kamu akan bertahan jadi karyawan tetap atau keluar dan mencari perusahaan lain. Semua ada di tanganmu, kayak hubungan, kalo nyaman bertahan, kalo gak nyaman boleh pergi.. Hahahaha. Masa magang adalah proses sebelum menjadi seorang yang lebih profesional lagi. Magang juga bisa sebagai proses pendewasaan bagi kamu, karena disana kamu bakal fight sendiri, mempelajari banyak hal yang mungkin kamu belum tau. Kamu bisa nambah teman, tentunya link menuju sukses inshaAllah banyak. Di tempat magang kamu juga bisa kepoin kegiatan karyawan lain, tapi jangan kayak stalker ya hehe. Intinya kamu akan belajar BANYAK hal! Sama dengan sekolah dan kuliah, kamu juga akan belajar di tempat magang. Bedanya adalah, di tempat magang kamu langsung terjun ke lapangan, merasakan jadi karyawan beneran, dan tentunya dapat fee, yaa walaupun bagian fee ini belakangan sih, yang penting adalah pengalaman berharganya!
WOW
WOOW
WOOOW

Awalnya kayak iseng-iseng berhadiah gitu, sebar cv aja kemana-mana, dan gak ngarep ini itu. Gak main-main, mungkin semua info dari mulai magang sampe pekerjaan fulltime yang passion aku banget pasti aku langsung kirim cv ke perusahaan itu. Dan yap, alhamdulillah dapet, walaupun baru magang aja. Finally udah jalan 2 bulan, jadi masa magang aku sekarang 3 bulan. Aku magang di perusahaan entertaint gitu, sebagai scriptwriter dan concept maker. Aku nulis naskah tentunya dan membuat konsep (jika dibutuhkan). Kerja/magang sebagai script/concept maker nanti aku akan jelasin di next post yaa, biar lebih jelas hehe.

Gimana aku bisa dapetin magangan ini?
Gini ceritanya:

"Ring...ring..ring..." suara nada dering ceritanya.
Intinya aku ditelfon sampe 2 kali, karena yang pertama gak keangkat gitu. Lalu, yang kedua aku langsung angkat dan aku langsung disuruh ke kantor, dijelasinlah aku akses menuju sana. Interview pertama ini aku langsung minta temenin-temen, dan kita berangkat naik motor sekitar jam setengah 2an siang (kok siang?iya aku aja kaget, gak biasanya interview siang gitu kan). Aku gak ada degdegan sama sekali, aku cuma excited dan bertanya-tanya akan ngapain ketika datang ke kantor. Bener aja, interview itu seperti ngobrol biasa, asik banget. Kata Ci Jetty yang interview aku pada saat itu, aku akan dihubungi yaa jarak semingguan lah. Aku gak mau kepedean, karena sesungguhnya kepedean akut hanya akan membuat sakit hati wkwkwkwk.
Tapi, ternyata aku dipanggil lagi kedua kalinya, dan ini aku nekat berangkat sendiri naik kereta, padahal udah lama banget gak naik kereta dan biasanya bareng-bareng gitu loh gak pernah sendirian. Berbekal kesotoy-an dan google maps, akhirnya sampe kantornya di Jl. Blora, nama kantornya yaitu Vision Indonesia, tapi nama gedungnya E-motion, kok beda ya? Kenapa beda gitu? Bukan beda, jadi menurut info, Vision adalah anaknya E-motion, simplenya gitu ya..
Di hari kedua proses interview, aku ketemu Ci Jetty lagi dan Bu Dian (beliau bosnya). Mereka baik banget! Ngobrolnya juga asik, jadi bener-bener kayak bukan interview. Selesai 'ngobrol' aku dianter ke seluruh ruangan di Vision , dan diperkenalkan oleh Ci Jetty "Temen-temen kenalin ini Tyas anak magang sebagai Script dan Concept Maker" kurang lebih begitu.

Singkat cerita,
so far so good magang disana, orang-orangnya nice banget (semuanya!). Semuanya welcome, aku bukan kayak anak magang lah intinya. Jadi lebih ngerasa "kerja beneran" dibanding jadi "anak magang". Ngerasain meeting, mikirin konsep, naskah, like a pro lah. Bayangin aja, sore-sore kan ibaratnya nunggu pulang ya? Ini tiba-tiba "Tyas ayok meeting.." hoalaa, kaget dan bingung harus apa di meeting. Akhirnya ya cuma bengong, ngangguk-ngangguk, "iya..bener" ya kira-kira itulah kata yang aku lontarkan hahaha. Speechless aja gitu, apalagi ketemu bos, dan itu posisinya cuma ber5 atau 6 orang termasuk bosnya. Aku? Duduk sampingan banget sama Pak bos. DEG-DEGAN!
Bisa tau rasanya naik kereta dempet-dempetan, rebutan sama orang yang buanyaak! Ngerasain seneng ketika ternyata magangnya dibayar (ini bonus yang alhamdulillah banget). Ngerasain jalan dari stasiun ke kantor (karena emang deket, 5-10 menit jalan kaki). Kalo ditanya orang "Hoy, Yas! Mau kemana lu?" dengan bangganya aku jawab "Mau kerja/ngantor" Asik gak tuh?

***

Segini dulu ya bloggyfriends. Aku bakal update lagi tentang magangku ini, inshaAllah..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAJAK or HACKED or HCKD or...

Demi Lovato's Style

Magang di iNews TV | Curhatan anak magang #1