Menebarkan Hal Simpel yang Penuh Manfaat


Begitu banyak hal yang dilakukan jutaan manusia di muka bumi ini. Banyak manusia yang lebih banyak memikirkan hal yang rumit terlebih dahulu dan melupakan hal-hal kecil., bahkan terkadang mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk memikirkan hal yang belum tentu bermanfaat. Padahal, banyak hal-hal simpel yang mudah dilakukan, bahkan memiliki pengaruh yang cukup besar bagi diri sendiri maupun orang disekitarnya. Lalu, apa saja hal-hal simpel apa sajakah itu?

  • Tepat Waktu Saat Ada Janji

Budaya ngaret masih begitu melekat bagi sebagian orang Indonesia. Bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa tidak ngaret kalau bukan orang Indonesia. Banyak orang yang meremehkan waktu walaupun hanya semenit. Apalagi terhadap orang-orang sekitarnya.

Tepat waktu, hal yang dianggap remeh ini jika dilakukan akan berdampak sangat besar. Tepat waktu saat janji dengan teman, tepat waktu masuk sekolah atau masuk kantor, atau tepat waktu dalam mengerjakan apapun. Cobalah menghargai waktu dan rasakan dampak perubahan yang baik bagi kita, salah satunya yaitu kedisiplinan. Karena, ngaret hanya akan membuang waktu bermanfaat yang kita miliki.

  • ‘Maaf, tolong, terima kasih’

Minta maaf saat salah, bilang tolong saat butuh bantuan, dan berterimakasih setelah dibantu. Simpel, namun sangat berpengaruh. Tak ada salahnya minta maaf jika kita melakukan kesalahan, malah kita akan terlihat lebih keren saat mengakui kesalahan. Saat tidak salah pun tidak masalah untuk menurunkan ego dan meminta maaf.

Saat kesusahan, apa kita hanya diam saja dan mencari jalan keluarnya sendiri? Sedangkan masalah yang dihadapi begitu rumit. Tidak ada salahnya kok menghampiri teman atau kerabat dan berkata ‘tolong’. Karena, mereka akan membantu jika bisa membantu. Begitupun kata ‘terimakasih’ jangan lupa dikatakan ketika masalah selesai.

Maaf, tolong, dan terimakasih. Terkadang kita melupakan kata-kata tersebut. Simpel, namun ketika kita mengatakannya, orang lain akan lebih menghargai kita. Jadi, jangan melupakan tiga kata tersebut, ya!

  •       Menatap mata lawan bicara

Saat berbicara, kerap kali kita tidak menatap lawan bicara kita. Padahal, hal tersebut terkadang membuat orang lain merasa tidak didengar atau dihargai. Alangkah lebih baik jika kita menatap dan mendengarkan baik-baik lawan bicara.

Tidak menatap mata lawan bicara juga terkadang menandakan ketidakseriusan kita dalam mendengarkan perkataan lawan bicara. Dalam dunia kerja, mentap mata lawan bicara juga dibutuhkan, apalagi saat wawancara pekerjaan. Menatap mata lawan bicara saat menjelaskan sesuatu menandakan bahwa diri kita percaya diri dan serius. Jadi, mulai sekarang mulai belajar menatap mata lawan bicara, yuk!

  • Ingat nama orang lain

Siapa yang sering lupa nama orang lain? Padahal kalau lihat wajahnya kita mengenali. Lupa dengan teman yang lama tidak bertemu, bahkan rekan kerja yang bakal jadi partner sehari-hari kita. Seringkali kita lupa nama orang-orang disekeliling.

Lupa memang wajar, tetapi kalau sering juga tidak baik. Cara pertama untuk mengingat nama orang lain adalah berkonsentrasi saat seseorang menyebut namanya kepada kita. Jika cara tersebut kurang ampuh, tidak ada salahnya untuk mencatat nama orang tersebut di note gadget yang dimiliki dan memberi foto, hal tersebut sebagai pengingat di saat kita benar-benar lupa.


  • Berbicara baik atau diam

Di era sekarang, hal kecil yang satu ini wajib dilakukan seluruh manusia di pelosok bumi manapun. Jika dahulu ada yang mengatakan bahwa ‘Mulutmu harimaumu’ maka di era modern seperti sekarang kalimat tersebut berubah menjadi ‘Jarimu harimaumu’. Maka, lebih baik diam dibanding berbicara sesuatu yang tidak ada isinya, lebih tepatnya mengetik sesuatu di sosial media yang tidak penting. Bahkan, saat ini banyak orang yang melakukan hate speech atau berkata-kata tidak sopan di dalam sosial media mereka.

Jadi, sudah tahu kan hal-hal kecil yang sebenarnya begitu berdampak besar bagi kita semua? Yuk, jadikan hal-hal di atas sebagai bagian dari resolusi kita di 2019 ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAJAK or HACKED or HCKD or...

Demi Lovato's Style

Magang di iNews TV | Curhatan anak magang #1