Pengalaman Kerja Jadi Reporter

Jadi reporter gimana sih rasanya?

Begini rasanya...

Pusing, bingung, capek.

YHAA.. Kalo itu mah semua pekerjaan pasti bakal melewati fase pusing, bingung, dan capek ya.
Apa lagi di awal-awal kerja, pasti banyak bingungnya, bakal terasa susah banget di bulan pertama.
Kalo bingung, jangan sungkan untuk NANYA. Nanya ke siapa aja, yang penting dapet jawabannya.

Back to the topic

Jadi, gimana rasanya bekerja sebagai reporter? Susah atau gampang?
Jawabannya, relatif. Sebenernya semua pekerjaan gampang kalo kitanya mau belajar terus-terusan, jangan gampang putus asa, ikhlas dan yang terpenting adalah passion di bidang tersebut.
Kalo kamu hobi ketemu orang, ngomong sama orang, fleksibel, suka tantangan dan bisa menulis dengan baik, reporter cocok banget buat dijadiin pekerjaan  kamu! Karena, menjadi seorang reporter dituntut untuk fleksibel dengan segala kemungkinan yang ada di lapangan. Ketika atasan kamu nanti nyuruh kamu untuk liputan, kamu harus siap cari lokasi dan jangan telat. Sedangkan kelihaian berbicara bisa dipakai untuk melobi narasumber di lapangan, siapa tau narasumber lagi gak sehat, gak mau diwawancarai, dan yang ter-gak-enak narasumbernya gak dateng :') curhat. wkwkwk

Terus kalo narasumbernya gak dateng gimana?
Sekali lagi, JANGAN SUNGKAN UNTUK TANYA. Entah ke panitia, atau orang yang mungkin menggantikan orang tersebut jadi narasumber. Malah kalo orang yang menggantikan kredibel untuk menjawab pertanyaan yang akan kamu ajukan, ya, fine-fine aja untuk mengganti narasumber dengan orang yang menggantikan narasumber yang udah masuk list kamu sebelumnya. Itu SAH.
Kalo yang menggantikan gak mau kamu wawancara, minta aja nomor narasumber yang seharusnya datang ke panitia/yang menggantikan. Karena, biasanya yang menggantikan rekan kerja si narasumber sebelumnya itu2..

Kalo lagi gak mood gimana?
Gak munafik, mood sering naik-turun, apalagi seorang Yugi Tyas Pratiwi ini..
Lagi di kantor browsing atau kerjain artikel, tiba-tiba "Tyas monitor..", padahal lagi betah-betahnya di kantor, lagi males keluar, tiba-tiba disuruh keluar untuk liputan. Ditambah liat jam menunjukkan matahari yang lagi terik-teriknya :" Mau gak mau pasti dijalanin dong? Kalo udah gitu, inget aja bentar lagi gajian, jadi gak ada alesan buat males lagi, wkwkwk. Iyakan? Bayangin aja abis gajian bisa beli Dum-dum, atau Eskosu, atau KFC deh wkwk. Bye-bye makanan Warteg.
Ya, pokoknya gitu. Bayangin gajian beli ini itu, kasih duit ke orang tua, atau bayar hutang.

Tips buat reporter pemula,
(menurut pengalaman dan saran dari senior dulu wkwk):

1. Sering baca artikel atau berita, biar apa? Biar terbiasa buat ngerangkai paragraf demi paragraf jadi satu tulisan utuh
2. Jangan kendor kalo tulisan udah dibilang jelek sama senior, latihan terus biar dapet pujian sekali-kali, hahaha. Kita pasti butuh pujian dan apresiasi kan?
3. Biasain buat selalu minta nomor narasumber kalo ada kesempatan door stop. Mau senior nanti tanya atau enggak, yang penting kita udah ada. Someday, kalo tiba-tiba butuh kan bisa langsung contact
4. Jangan lupa makan sebelum liputan, dan gak usah sungkan buat makan kalo ditawarin sama panitia acara waktu liputan. Apalagi kalo acaranya di hotel, beuh itu enak banget! Kadang ada prasmanannya lhooooo!
5. Berdo'a menurut kepercayaannya masing-masing, minta restu orang tua (minimal pamit kalo berangkat kerja), ikhlas.

Bye,
CMIIW!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAJAK or HACKED or HCKD or...

Demi Lovato's Style

Magang di iNews TV | Curhatan anak magang #1