Cobain Itikaf Kekinian di Malam Pergantian Tahun

Bismillahirrahmaanirrahim.
Assalamu'alaikum semuanya!!
Gimana hari-hari pertama di 2020?
Udah buat resolusi belum?
Semoga semakin dikasih berkah sama Allah SWT, aamiiin.



Jadi, dihari ke 2 tahun 2020 ini gue mau berbagi pengalaman menyenangkan di malam pergantian tahun, di malam tahun baru. Pengalaman yang beda dari biasanya. Anti mainstream buat gue pribadi. Yang biasanya (mungkin) malam tahun barunya diisi dengan bakar-bakar jagung, nonton film-film bioskop yang baru tayang di televisi, sampai main petasan atau cuma kebagian menikmati petasan orang lain di langit, hahaha curhat banget :") Tapi, emang dari dulu gue lebih menyukai malam tahun baruan dengan berdiam di rumah, sama keluarga. Merasa kalau gak ngeluangin waktu sama keluarga di malam itu tuh kayak sayang aja.

Pergantian tahun kemarin, ALHAMDULILLAH gue diberi kesempatan buat ikut pengajian atau kajian dari Terang Jakarta. Yang mana itu acaranya dari jam 3 Sore sampai setengah 2 dini hari. Gokil gak tuh? Emang rasanya udah lama banget gue gak ikut kajian. Dan, biasanya gue cuma ikut kajiannya Ustadz Hanan Attaki, bisa dihitung pake jari sih gue berapa kali kajiannya :")
Gue sama seorang temen gue emang sering sharing apa aja, termasuk kirim-kirim info kajian yang deket-deket. Tapi, gue pribadi jarang merealisasikannya, dengan alasan sibuk kerja, capek, gak ketemu waktunya, dan alasan-alasan lain yang duniawi. Gila ya, padahal ibaratnya hidayah tuh sering banget mampir, kasarnya tuh kayak lagi di-towel-towel sama Allah buat tambah ilmu agama, tapi teteuup anaknya batu. Lebih pilih buat lihat kajian via YouTube, okesip! #MilenialBangetAkutu

Biasanya, gue selalu males-malesan buat keluar, karena udah capek kerja, jadi weekend tuh rasanya gak rela buat luangin waktu di luar. Apalagi gue orangnya tuh introvert banget, wkwkwk. Tapi, entah kenapa, buat dateng ke acaranya Terang Jakarta di Masjid Pondok Indah itu gampang banget. Kayak terpanggil aja gitu hatinya. Awalnya yaa, daftar kayak biasa, dan dia free kan. Cuma pas daftar mikirnya, yaudah lah daftar aja dulu. Pas hari H, gue bangun-tidur-bangun gitu deh (if you know what i mean haha), gue membulatkan niat untuk ijin ngantor demi gak ngantuk ke kajian karena malemnya gue begadang. Nah, pada hari itu gue bangun males-malesan. Bangun terakhir jam 10, langsung kebut kerjain kerjaan kantor. Jam setengah 2 gue baru bertekad untuk mandi dan siap-siap. Yang biasanya gue otw ntar-ntaran, ini gue langsung samper temen gue tanpa chat dia wkwkwk. Bener-bener kayak bukan gue banget yang sering telat :")  Bahkan, sehari sebelumnya gue sempet mikir gak jadi ikut, karena menstruasi.

Ini poster acaranya:

"GUE MAU MOVE ON"
Bahkan, sampai gue duduk di dalam Masjid, gue gak inget tema pembahasan dan materi-materi apa yang bakal gue dapet dari acara itu. Pikiran gue,"Yang penting gue kajian!". Dan, gue bersyukur banget karena ikut kajian tersebut. Baru kali ini gue ngerasain yang namanya Itikaf di Masjid, malam pergantian tahun pula. It's my first time! Dulu sih pernah kayaknya itikaf, cuma udah lama banget, zamannya gue masih aktif ke masjid (kayaknya sih). Baru sadar juga, ternyata itu itungannya Itikaf/Berdiam diri di Masjid dengan kegiatan positif di jalan Allah, cmiiw.

Flow Kajian
Diawali dengan Sholat Ashar bersama. Sayangnya, gue lagi gak bisa Sholat :(
Dilanjut Kajian oleh Ustadz Taufiq Al-Miftah. Untuk bridging ke ceramah Ustadz Weemar Aditya, ditampilin video-video YouTube yang viral tapi gak ada faedahnya sama sekali. Ternyata mereka sengaja untuk mengetahui, bagaimana sih respon kita ketika lihat video yang kayak gitu di dalam Masjid. Ya tentunya reaksi kami, "Dih, apa sih?" "Ih kok disetelin begituan di dalem masjid?" dan reaksi lainnya. Kata Ustadz Weemar, perasaan tersebut memang manusiawi, karena kita terlahir sebagai manusia yang suci, meskipun sekarang banyak dosa tapi tetep pasti nalurinya seperti itu. Kemudian ada 1 quote yang gue demen banget, ketika denger hati gue "Deg" bener juga..

"Filosofinya Joker gak berlaku untuk Rasulullah. Karena, ceritanya Rasulullah bahkan lebih pahit dari Joker. Tapi, gak ada alasan Rasulullah untuk menjadi jahat, sedikitpun.." - Ustadz Weemar - Dilanjutkan dengan cerita Rasulullah SAW yang dijahatin, diludahin, tapi masih bersikap sangat baik. Rasulullah, aku pada-Mu <3 p="">
Singkat cerita, dilanjutkan dengan ceramahnya Ustadz Homsani dan Rhene Suhardono (Menurut Google, beliau adalah komisaris utama Dufan! Wow!!--FYI, sejak beliau ada, di Dufan setiap waktu Sholat, ada suara adzan 5 waktu). Di sesi ini kita semua dibuat ngakak. Karena, Ustadz Homsani yang bisa banget mencairkan suasana, dan disambut dengan Pak Rhene dan host-host receh. Menurut Ustadz Hamsoni saat ini sudah beralih ke zaman Milenial, maka, makin kesini akan ada dosa-dosa milenial. Kemudian, ia juga bilang kalau kita harus menghilangkan rasa malu untuk berkumpul dengan orang-orang soleh. Kenapa harus malu untuk melakukan sesuatu yang baik? Sedangkan dulu kita gak malu untuk melakukan maksiat..

Ada lagi 1 quote yang kekinian dari Ustadz Hamsoni, yaitu:
"Orang Sholeh itu selalu merasa Salah. Orang Salah selalu merasa Sholeh.."
Iya kan? Ketika kita sudah merasa sholeh, biasanya dibumbuin dengan rasa bangga, dan itu salah, karena 'merasa sholeh' hanya tolak ukur kita di dunia, Allah belum tentu menilai demikian, karena se sholeh-sholehnya seseorang gak akan merasa bangga, apalagi sombong. Tetapi, seorang yang sholeh pasti selalu introspeksi diri dan bermuhasabah tiap saat.

Nah, setelah sholat Magrib berjamaah (gue gak ikut :( ) Dilanjutkan dengan ceramah dari Ustadz Abu Fida yang gak kalah seru. Saking serunya, gue gak sempet ngetik merangkum ceramah beliau. Dan, ke skip ngantri toilet jugaa... Huhu. Terakhir, Ustadz Abi Makki, berceramah tentang segala sesuatu yang tercatat (amal-amalan). Menurut beliau, masa muda saat ini, Allah akan tanyakan di akhirat kelak, apa yang kita lakukan semasa muda? Karena, tentu masa muda banyak godaan duniawi, masih labil, masih suka bersenang-senang, masih kurang peka dengan urusan akhirat, astagfirullah.
Ustadz Abi Makki juga bilang, bahwa kita hidup di muka bumi ini seperti masuk ke gerbong kereta api. Saat masuk, kemudian jalan, terserah mau ngapain aja, silahkan aja. Apapun yang dilakukan, pasti gerbong/kereta akan sampai. Sama seperti kita di dunia ini, apapun yang kita lakukan, pasti kita akan sampai (ke akhiratnya Allah SWT).

Ada satu hal lagi yang membuat hati ini tersentuh, tergores, teriris.. Yaitu:
"Anda pernah merasakan nikmatnya bermaksiat dalam keadaan sendiri? Maka balaslah dengan nikmatnya menyendiri, mengingat Allah sampai berlinang air mata. Jangan berbuat maksiat, hilang amalan!"

:( SO HURTING. Seketika inget dosa-dosa duniawi.

Semakin malam, semakin hangat suasanya. Meskipun di luar hujan lebat. Tapi, hati tenang banget masyaAllah. Kemudian beralihlah ke part yang paling gue sukain, Muhasabah.. Part dimana gue dan teman-teman lain di dalam masjid (pasti) menangis. Menangisi triliunan dosa yang sudah diperbuat. Menangisi kisah Rasulullah yang bahkan kita sering lupain, yang kita inget malah oppa-oppa Kpop atau idol lainnya. Di part ini biasanya lampu dimatiin. Dan bener aja, lampu dimatiin, yang nyala cuma lampu led disekitar kami, seolah kami sedang diperhatikan kunang-kunang. Muhasabah berlangsung dari jam setengah 12an kalau gak salah, sampai setelah pergantian tahun, sekitar setengah 1. Gokil.. Merinding. Kenapa? Karena, disaat kami semua menangisi dosa-dosa, suara petasan saut-sautan, gak peduli hujan. Dan, tau apa yang gue pikirin? Gue membayangkan kalau misalnya saat pergantian tahun tersebut Allah kasih ujian, yaitu hujan meteor. Allah balas karena tidak suka manusia membuang-buang uang dengan meledaki langit, membuat bumi rusak karenanya. Karena gak bisa dipungkiri, selama pergantian tahun, setiap tahun, pasti sampah petasan dimana-mana, belum lagi pencemaran udara, dan masih banyak lagi. Manusia seringkali cuma memikirkan manusia aja, gak memikirkan makhluk hidup lain. Padahal di bumi ini ada hewan, ada tumbuhan, yang mereka juga ikut hidup. Tapi manusia, dengan egoisnya, "Yang penting gue seneng dulu.." Sedih :(

Oke skip...
Acara ditutup dengan sholat malam bersama. Yang sangat amat khusyuk. Karena lampu gak dinyalain. Pokoknya adeeem banget melihat mereka sholat.
Selesai acara hati adem, apalagi ngeliat orang-orang sholeh yang keluar dari masjid, mashaAllaaahh. Anyway, pas di luar masjid, gak sengaja gue lihat Aby Respati, dan OMG alhamdulillah senangnya ngeliat dia udah bener-bener hijrah kayak sekarang, adem gitu kayak ubin masjid. Semoga terus istiqomah (guepun juga). Aamiin.
Kayaknya sekitar jam 3, gue dan temen gue baru sampai rumah.

Rasanya, gue seperti terlahir kembali.
Seperti Tyas yang baru.
Tyas yang abis di vacum cleaner.
Semoga, gue bisa jadi pribadi lebih baik lagi di tahun ini dan ditahun tahun yang akan datang. Semoga dikasih hidayah dan gue bisa terus istiqomah. Karena, istiqomah sesungguhnya sulit.

Bismillahirrahmaanirrahiim!


Note: Sebenarnya tulisan ini mau gue post Januari 2020, tetapiiii, karena tiba-tiba (sok) sibuk, jadi ke skip, dan baru sempat sekarang, gengs! Sorry.........

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAJAK or HACKED or HCKD or...

Demi Lovato's Style

Magang di iNews TV | Curhatan anak magang #1