Berawal dari Passion

Halo semuanya..
Welcome back to my blog.
Blog yang isinya curhatan dan keluh kesah..
Hari ini mau curhat tentang hobi dan passion, hehehe

foto ngambil dari google

Apa sih hobi kalian?
Pasti beragam, ada yang suka baca, nulis, main game, tapi nafas sama kentut bukan hobi ya itumah emang udah pasti semua orang ngelakuin hal itu :') wkwkwkwk
Hobi itu sifatnya berubah-ubah, ya gak? Misalnya masih kecil kalian suka gambar, tapi sekarang belum tentu kalian masih suka gambar. Tapi ada yang emang dari kecil doyan gambar, sampe sekarang masih doyan dan mungkin jadi sesuatu yang menghasilkan buat dia, bisa aja.
Dari Hobi lalu jadi Passion.
Passion sendiri lebih ke ketertarikan kita terhadap sesuatu, sekali kita kerjain ketagihan, dan gak ada beban buat dijadiin kegiatan sehari-hari.

"Passion lebih dari sekedar ketertarikan. Passion adalah sebuah strong interest dan gairah untuk suatu hal. Ketika lo memiliki passion akan itu, lo harus menghabiskan semua waktu freetime lo untuk passion."

Passion bisa dibilang kalau kita tertarik akan suatu hal dan kita mau explore terus sampai kita expert.
Apa lagi passion kita bisa menghasilkan dan menjadi keuntungan buat kita. Udah gak ada lagi kata males buat ngerjainnya, kayak udah suatu keharusan dan susah buat ditunda-tunda.

Hobi aku dari dulu di bidang seni.
SMP juga ikut ekskul Marching Band sampe ikut lomba nasional.
SMA gak begitu aktif, gak ikut ekskul apa-apa, tapi aktif di kegiatan kelas, kayak uji kompetensi disuruh bikin Wedding Organizer, aku cukup berkontribusi di penentuan nama WO, bikin undangan, selebaran, sampe pamflet (dengan kemampuan desain yang pas-pasan banget).
Kuliah ikut Komunitas Film Pendek dan coba audisi masuk ke grup padus, tapi gak diterima, kayaknya suaraku terlalu biasa wkwkwkwkwk. Kuliah ngambil jurusan Broadcast juga ikutin feeling aja dan gak niat dari awal mau masuk jurusan itu, berkat campur tangan Allah juga nih hehe. Kuliah di Broadcast itu ruang lingkupnya luas, passion ku di bidang penulisan terasah, aku juga jadi bisa ngedit video dan dikit-dikit paham fotografi dan sinematografi. Jadi, bisa dibilang aku gak nyesel ambil jurusan itu.
Di rumah sukanya nyanyi gak jelas, bikin handicraft, dan-lain-lain
Sampe temen-temen juga bilang aku itu kreatif, ya aamiinin aja sih. Omongan kan doa hehe.
Tapi emang berasa banget, kalau mau sesuatu, otak langsung otomatis mikir, bikin aja bisa gak?
Kamar aja dibikin rame sama keisengan tangan ini, tiap bulan ada aja yang berubah di kamar :')
Mungkin kalau punya mesin jahit di rumah, aku bakal latihan dan bikin baju kali ya wkwkwk.

Bukan dari mata turun ke hati lagi.
Tapi, dari hobi turun ke passion. Hahaha
Passion inilah yang bikin aku ngejalanin bisnis kecil-kecilan yang alhamdulillah lancar, cukuplah buat nambah duit jajan hehe. Dengan modal skill pas-pasan dan NEKAT! Awalnya cuma iseng bikin ucapan buat temen, terus iseng masukin di aplikasi Carousell dan masukin di Instagram jualan (dulunya ig nya buat jualan Pop Up Card, Box, dll. dan beralih fungsi jadi cuma artwork dan buket snack, sebenernya tergantung request).
Sekarang alhamdulillah udah punya toko online wkwk, udah nambah ke Shopee. Ytp.id udah dikenal banyak orang, terutama orang-orang Pamulang dan sekitarnya, haha, pokoknya kalau anak Unpam wisuda siap-siap dibikin sibuk (sibuk yang membawa berkah,aamiiin).


Passion itu harus dicari dan kamu yang tentukan sendiri, walau banyak sebagian orang yang nemuin passion secara alamiah sih. Aku juga bisa hobi dan ada ketertarikan di artwork baru tahun ini dan tiba-tiba aja. Inget banget waktu itu diajarin sama temen SMP, cuma tau aja.
Jadi iseng nge-crop foto sendiri dan bikin buat temen
Gak pernah nyangka bisa jadiin passion dan hobi jadi pemasukan sendiri.
Ngerjain sesuatu yang kita sukai itu rasanya asik, bener-bener enjoy, mau secapek apapun kita.
Ngatur layout itu rasanya asik. Kekreatifan tuh kayak terasah terus. Hehehe.
Sampe sempet kepikiran buat kerja jadi pengatur layout majalah, eh ada gak sih kerjaan 'pengatur layout'? Dan sekarang malah pengen banget belajar Corel Draw, Adobe Ilustrator, dan semacamnya. Pengen belajar desain :( Kalau ada kesempatan kuliah lagi, mau ambil desain hehew.

Sebenernya dari dulu selalu malu dan gak pede untuk mulai suatu usaha. Cuma modal nekat, dari mulai jualan Pop Up Card, Tas, Hijab, tapi gak berlangsung lama dan mandek disitu-situ aja.Waktu itu juga sempet aktif ikut bazaar, jualan baju bekas, tas, makanan wkwk. Tapi sekarang udah males :(
Terus nemuin aplikasi Carousell, ini wadah buat jual-beli barang bekas, dan jadilah aku jual apa aja barang di rumah yang gak kepake, dibanding mubazir.

Bisa dibilang ytp.id yang membuatku berubah hehehe.
Dari awal cuma coba-coba, promosi dikit di Instagram, sampe promosi banyak di medsos yang dipunya. Banyak disini bukan spam ya, tapi secara berkala dan dengan cara branding image ytp.id.
Dari mulai bikin logo, bikin stiker logo, kadang-kadang update di Instagram pake logo ytp.id dan mention ytp.id. Semua project direkam/foto, ya pokoknya begitu deh hehe.
Sedangkan di Shopee juga gak tau bisa laku. Padahal awalnya cuma iseng jualan di e-commerse gitu, dan di Shopee tuh bisa naikin produk, jadi sehari bisa naikin maksimal 5 produk. Itu mungkin juga berpengaruh besar buat ytp.id. Shopee juga kan lagi naik daun, dan alhamdulillah ada aja rejeki. Nyediain Shopee awalnya juga buat customer yang mungkin kurang percaya kalo langsung order ke aku, namanya juga barang PO (pre order), pasti bakal butuh waktu lama bikinnya dan banyak yang gak percaya/gak sabaran. Selain itu juga nyediain wadah buat customer untuk irit ongkos kirim, ada program gratis ongkir di Shopee
(maap ya ini bukan iklan shopee hehehehe cuma curhat)

Link Shopee

Bersyukur.

Rejeki emang gak kemana. Waktu itu juga sempet down masalah keuangan, dan alhamdulillah lewat artwork apa adanya, bikin keuangan aku sedikit lebih baik. Kalo lagi bener-bener boke, tiba-tiba ada aja yang order. Allah emang Maha Baik.
Jangan pernah ngeraguin kuasa Allah :)
Selalu terharu kalo ngomongin ytp.id. Bener-bener excited dan gak pernah nyangka kalo usaha ini bisa berkembang. Setiap ada yang order, masih suka nanya sama diri sendiri "Ini beneran? Kok ada yang order?" apalagi kalo customer suka dan muji karya aku. Bahagia se-simpel itu :'
Sempet waktu itu bener-bener gak pernah promosi sama sekali, lumayan lama.
Tapi, tau gak, masih ada yang order aja :' Masih kaget, sekaget-kagetnya.
Rasa syukur yang gak pernah ada habisnya kalo ngomongin ytp.id.
Banyak yang jadi langganan, itu sesuatu yang 'so sweet' buatku hahaha.

Tapi, banyak juga klien yang komplain, itu udah pasti, manusiawi.
Kadang kerjaan kita udah bener tapi menurut tuh orang gak bener, kadang kitanya juga gak bener dan akhirnya dikomplain :( heuu.

Namanya juga idup.


foto ngambil dari google

"When passion becomes your profession, Work becomes your hobby."
Quote yang mantap.
Ketika kita kerja sesuai passion, kerja jadi gak kerasa. Sama kayak yang lagi aku kerjain sekarang. Aku alhamdulillah udah kerja jadi reporter-penulis, tapi kerjaan aku gak bikin aku males buat ngerjain project ytp.id. Walaupun capek, tapi ngerjain ilustrasi tetep semangat. Proses nya tuh menyenangkan buat aku.
hehehehe.

Yang terpenting adalah:
Jangan lupa untuk bersyukur. Mensyukuri semua yang dimiliki adalah kenikmatan tanpa batas.
by Ytp :'D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAJAK or HACKED or HCKD or...

Demi Lovato's Style

Magang di iNews TV | Curhatan anak magang #1